Laman

Rabu, 16 Juni 2010

Perawatan Wajah Buat Wanita


 1. Masker Telur Haluskan Wajah
Lakukan perawatan putih telur untuk mengatasi problem kulit berminyak ataupun kering.




2. Kulit Mulus dengan Biaya Murah Meriah
Yang dibutuhkan hanya menjalani diet makanan-makanan kaya nutrisi untuk kulit.

 Hampir semua wanita mendambakan kulit sehat bercahaya. Tak jarang yang mengandalkan klinik kecantikan untuk meraih hasil instan. Tapi, itu mahal.

Ada cara sederhana dan murah untuk mewujudkan kulit mulus memesona. Yang dibutuhkan hanya menjalani diet makanan-makanan kaya nutrisi untuk kulit.

Seperti dikutip dari Shine Yahoo, berikut sejumlah makanan untuk merawat kecantikan kulit yang dipaparkan Brierley Wright, ahli gizi dari Universitas Tufts.

Stroberi
Kandungan vitamin C dalam stroberi memiliki peran penting untuk mengurangi efek penuaan seperti keriput dan kulit kering kasar. Penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition pada 2007 mengungkap, vitamin C bermanfaat menangkal radikal bebas dan merangsang pembentukan kolagen sehingga memunculkan efek yang menghaluskan kulit.

Stroberi juga mengandung asam ellagic yang dapat melindungi serat elastis, yang bertugas menjaga struktur kulit tetap utuh, menjaga kekencangan  serta melawan enzim perusak kulit. Bahan makanan lain mengandung vitamin C yang baik untuk kulit antara lain, pepaya, brokoli, jeruk.

Tomat
Buah segar ini mengandung lycopene yang bermanfaat merawat kelembutan kulit. Studi yang dipublikasikan di European Journal of Pharmaceutics and Biopharmaceutics pada 2008 mengungkap, mereka yang memiliki kandungan tinggi lycopene cenderung memiliki kulit yang halus. Selain tomat, tingkatkan kadar lycopene dalam tubuh dengan mengonsumsi melon dan wortel.

Tofu
Kandungan isoflavones dalam makanan berbahan kedelai seperti tofu, edamame, dan
Tuna membantu mencegah terjadinya penuaan dini. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition mengungkap, isoflavones membantu mencegah kerusakan kolagen.

Tuna
Mengonsumsi ikan yang mengandung omega 3 seperti tuna, salmon, sarden dan ikan trout dapat membantu menjaga kulit tetap sehat bercahaya. Kandungan Asam lemak omega 3 EPA (asam eicosapentaenoic) berperan dalam membentuk kolagen.

3.Perawatan Kecantikan dengan Pisang
Perawatan dengan masker pisang bisa menjadi solusi atasi rambut kering dan bercabang.


Manfaat pisang untuk kesehatan tentu tak perlu dipertanyakan lagi. Tapi belum banyak yang memanfaatkan buah tropis ini untuk merawat kecantikan. Padahal pisang banyak manfaatnya untuk menjaga kehalusan kulit dan rambut.
Pisang banyak mengandung berbagai vitamin, seperti vitamin A, B kompleks dan C yang baik untuk menjaga kesehatan dan kelembaban kulit. Vitamin C yang kaya antioksidan mencegah kerusakan sel kulit akibat radikal bebas dan paparan sinar matahari.
Buah ini juga kaya kandungan potasium. Bahan itu membantu merangsang regenerasi kulit lebih cepat. Sehingga mempercepat luruhnya sel kulit mati dan menumbuhkan sel kulit baru. Sehingga kulit selalu terlihat segar.
Mengatasi iritasi kulit
Kulit memerah dan gatal karena alergi atau gigitan serangga? Anda bisa mengurangi gejalanya dengan mengoleskan masker pisang.
Haluskan satu buah pisang dengan blender. Campurkan dengan satu sendok makan madu, susu, atau oatmeal. Kemudian oleskan pada pada bagian kulit yang gatal dan iritasi. Diamkan 20-30 menit. Lalu bilas dengan air. Gatal di kulit akan mereda dan bercak merahnya berangsur hilang.
Cara ini juga bisa dilakukan untuk mengurangi gejala kulit terbakar akibat terlalu terpapar matahari. Oleskan masker pisang pada kulit yang memerah dan gosong. Jika dilakukan secara teratur, bagian yang gosong akan pulih dan halus kembali.

Lakukan juga perawatan ini untuk menghilangkan bekas jerawat. Anda bisa menambahkan minyak zaitun pada masker pisang untuk menjaga kehalusan kulit. Dengan masker pisang, kulit wajah lebih halus, cerah dan bebas noda.

Menghaluskan rambut
Bukan hanya untuk kulit, pisang juga bisa dijadikan masker rambut. Masker pisang ini bermanfaat untuk mengatasi rambut rusak dan kering.
Oleskan pisang yang sudah dicampur madu dan minyak zaitun secara merata pada rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 30 menit. Agar lebih meresap ke rambut dan kulit kepala, gunakan pemanas (steamer) atau tutup rambut dengan handuk basah. Kemudian keramaslah seperti biasa.
Lakukan setidaknya seminggu sekali. Rambut yang rusak dan kering akan kembali lembab, sehat dan teksturnya lebih indah.

4. Wajah Bebas Noda Jerawat
Untuk menghilangkan noda jerawat, harus dilakukan pengelupasan kulit mati.

Masalah noda jerawat membandel di wajah memang sangat menjengkelkan. Bekas jerawat yang meninggalkan noda hitam membuat kulit tak mulus lagi dan tentu mengganggu penampilan Anda. Jika nodanya cukup banyak, bisa membuat Anda malu dan kurang percaya diri.
Bekas jerawat yang menjadi flek hitam terjadi karena adanya kerusakan pada jaringan kolagen di lapisan kulit. Untuk menghilangkan noda hitam itu, salah satu caranya adalah dengan melakukan peeling atau scrubbing untuk mengelupas kulit mati.
Teknologi laser juga sering dijadikan solusi untuk menghapus noda jerawat yang sangat parah di wajah. Tapi metode ini sangat mahal dan bukan tanpa risiko.
Ada cara mudah dan praktis mengatasi noda hitam bekas jerawat. Anda bisa melakukan peeling dan scrubbing dengan bahan-bahan alami.
Tapi sebelum melakukannya, pastikan jerawat Anda sudah benar-benar mati. Jika jerawat masih meradang, jangan lakukan perawatan ini karena bisa menimbulkan infeksi.
Madu
Kandungan nutrisi pada madu sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dan mempercepat pertumbuhan jaringan kulit baru. Pastikan Anda menggunakan madu murni. Oleskan madu pada bekas jerawat, diamkan selama 10-15 menit. Lalu bilas dengan air dingin.
Bisa juga Anda panaskan madu terlebih dahulu, baru kemudian oleskan hangat-hangat pada noda jerawat. Lakukan secara teratur setiap hari hingga noda berangsur memudar
Pepaya
Tak hanya enak dibikin rujak, buah ini juga bermanfaat untuk kecantikan kulit. Pepaya mengandung Vitamin A dan C, beta karoten, serta enzim papain bisa membantu merawat kulit. Enzim papain bisa mengangkat sel-sel kulit mati sehingga banyak dipakai untuk produk perawatan kecantikan.
Buatlah masker dari buah pepaya yang dilumatkan. Lalu oleskan masker itu pada bekas jerawat selama 10-15 menit. Anda juga bisa menghilangkan flek hitam dengan memanfaatkan biji pepaya yang dihaluskan.
Lidah buaya
Tanaman berduri ini memang sangat banyak khasiatnya untuk kecantikan. Cairan lidah buaya yang banyak mengandung vitamin A dan C mampu merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Sehingga kulit lebih halus dan mulus.

5. Ubah Kebiasaan Tunda Keriput
Posisi tidur yang salah bisa membuat keriput di kulit wajah datang lebih cepat.

 Pada saatnya, kulit kita memang akan berkeriput. Tapi jika kerut-kerut di wajah datang terlalu dini, wajah kita pun terlihat lebih tua.
Selain rajin merawat kulit dengan produk yang tepat, Anda juga perlu mengubah gaya hidup yang bisa membuat kulit cepat tua. Misalnya saja merokok, minum alkohol, kurang tidur, dan sebagainya.
Kebiasaan apa saja yang harus dikurangi agar kulit tak cepat berkerut?
Tidur tengkurap

American Academy of Dermatology (AAD) mengungkapkan bahwa posisi tidur yang menjadi kebiasaan bisa menyebabkan garis-garis kerutan di wajah dan leher.
Posisi tengkurap atau menyamping membuat kulit wajah tertekan dan bergesekan dengan bantal. Akibatnya, lama-kelamaaan kulit akan kehilangan kekenyalannya.
AAD menyarankan posisi tidur telentang supaya kulit wajah tidak tertekan dan berkerut.
Mengerutkan dahi
Kebiasaan mengerutkan dahi atau cemberut akan menyebabkan keriput muncul lebih cepat. Kebiasaan itu bisa membuat otot wajah kehilangan elastisitasnya. Anda juga harus mengurangi kebiasaan menyipitkan mata karena membuat kulit di sekitar mata cepat keriput.
Bila Anda mengalami kesulitan penglihatan, jangan paksakan mata. Sebaiknya kenakan kacamata. Alat bantu penglihatan ini juga berguna untuk melindungi kulit sekitar mata dari radiasi langsung sinar matahari.
Terlalu sering mencuci muka
Menurut ahli dermatologi Medical Center, University of Maryland, air yang membasuh wajah bisa meluruhkan minyak yang menjaga kelembaban alami kulit.
Mencuci muka
Jika mencuci wajah dengan sabun, sebaiknya Anda pilih produk yang mengandung pelembab. Setelah mencuci wajah, segera oleskan pelembab.

6.Pilih Tabir Surya Efektif
Sun protection factor (SPF) tinggi tidak menjadi patokan efektivitas krim tabir surya.
 Rusaknya lapisan ozon di atmosfer membuat sengatan sinar matahari semakin membakar kulit. Hal itu semakin meningkatkan risiko kanker kulit. Untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, Anda perlu menggunakan krim tabir surya.
Berbagai produk krim antimatahari dengan segala kelebihannya ditawarkan. Tapi produk manakah yang paling efektif melindungi kulit?
Level sun protection factor (SPF)
Jangan terpaku pada produk mahal dan ternama. Yang perlu Anda perhatikan adalah level sun protection factor (SPF) dalam sunblock. Biasanya, levelnya 15, 25, dan 30. Banyak yang beranggapan, semakin tinggi SPF-nya, semakin efektif melindungi kulit dari sengatan matahari.
Tapi SPF tinggi tidak menjadi patokan efektivitas krim tabir surya. “Jika Anda tidak mengoleskan krim tabir surya ber-SPF 30 cukup banyak, hasilnya sama saja dengan memakai SPF 15,” kata Andrew Kaufman, MD, profesor dermatologi di University of California, Los Angeles (UCLA), Amerika Serikat.
Menurut para ahli kulit, SPF 15 sudah cukup asalkan dipakai secara benar. Tabir surya ber-SPF 30 hanya dipakai bila benar-benar diperlukan, misalnya bagi mereka yang sensitivitas kulitnya tinggi atau saat bepergian ke daerah dengan intensitas sinar matahari yang tinggi.
Bentuk produk
Produk tabir surya bentuknya macam-macam. Ada yang berupa krim, krim cair, dan juga spray. Menurut Henry W. Lim, MD, dari Skin Cancer Foundation, semua bentuk produk tabir surya bisa Anda pilih.
“Tak ada produk yang lebih unggul. Sepanjang Anda memakainya dengan benar dan konsisten, sunblock itu akan melindungi kulit dengan baik,” ujarnya.
Tips menggunakan tabir surya.
- Kenakan tabir surya 20-30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan.
- Oleskan krim tabir surya secara merata ke seluruh kulit hingga meresap.
- Pakailah tabir surya sebelum mengenakan pakaian. Kulit yang tertutup pakaian juga perlu diolesi sunblock, karena bahan pakaian Anda belum tentu melindungi kulit dari sengatan matahari.
- Jika Anda hendak beraktivitas di dalam air misalnya berenang atau olahraga yang membuat Anda banyak berkeringat, pilih tabir surya yang antiair.
- Ulangi mengoleskan tabir surya setiap dua jam. Jika Anda usai berenang selama satu jam, keringkan badan dengan handuk, lalu oleskan lagi sunblock hingga merata dan meresap.

7. Memilih Bahan Kosmetik Antipenuaan Kulit
Pilih produk perawatan yang betul-betul efektif membuat kulit lebih sehat dan awet muda.
Berbagai produk kosmetik menawarkan kemampuan membuat kulit tampak halus dan lebih muda. Tapi sejauh apa Anda mengetahui bahan-bahan yang terkandung di dalamnya?
Saat ini, kebanyakan produk kosmetik dan perawatan kulit wajah menggunakan mengandung senyawa kimia peptida. Menurut Dr. Jeffrey Dover, ahli dermatologi Skin Effects, komponen utama dalam produk kecantikan yang banyak dipakai sebagai zat antipenuaan adalah peptida.
“Setelah beberapa minggu menggunakan produk kosmetik yang kaya kandungan peptida, pasien saya mengalami perubahan signifikan. Penampilan kulit wajah mereka menjadi lebih segar dan sehat,” kata Dover.
Peptida adalah asam amino yang bisa membantu kulit melawan penuaan dini. Kulit tersusun dari jaringan kolagen. Pada orang yang muda, jaringan kolagennya masih baik sehingga kulit terlihat segar dan kenyal.
Seiring usia, jaringan kolagen makin berkurang ketebalannya, sehingga kulit pun menjadi lebih kering dan keriput. Kandungan peptida dalam produk perawatan kulit bisa membantu kulit memperlambat proses penuaan pada jaringan kulit.
Zat kimia apa saja dalam peptida yang berguna untuk kulit?
Polipeptida
Bahan ini membantu sel kulit menjadi lebih aktif sehingga hasilnya kulit tampak lebih sehat. Polipeptida juga meningkatkan kemampuan perlindungan sel kulit sehingga lebih bebas kerut.
Lipopeptida
Dengan bantuan jaringan lemak dan air, lipopeptida mampu menembus kulit, dan bekerja mengurangi garis-garis dan kerutan. Kulit pun terlihat lebih sehat.
Gamma-Aminobutyric Acid (GABA)
GABA membantu otot di jaringan kulit lebih relaks. Otot-otot yang terlalu tegang bisa membuat kulit berkerut dan cepat tua. Bahan ini banyak ditemukan pada tomat. Kandungan antioksidan likopen pada tomat juga membantu menangkal efek radikal bebas.


8. Masker Cranberry Lembutkan Wajah
Kulit wajah Anda terlihat kusam? Manfaatkan buah mungil kaya antioksidan ini untuk masker.
Polusi udara dan cuaca tak menentu membuat kulit wajah mudah kusam dan kering. Lakukan perawatan dengan bahan alami yang kaya nutrisi penting untuk kulit.
Salah satunya adalah buah cranberry. Buah mungil berwarna merah ini kaya antioksidan dan vitamin C yang memabntu mencegah penuaan dini dan kanker kulit.
“Enzim dalam cranberry membantu merontokkan kulit mati. Kadar asam di dalamnya bisa membantu menutup pori-pori dan mencegah jerawat,” kata Ann Brown, Direktur Spa Four Seasons Resort.
Anda bisa mencoba membuat masker cranberry sendiri di rumah.
Bahan:
1 mangkuk cranberry
1 mangkuk irisan apel
2 sdm air lemon

-    Campur seluruh bahan, blender hingga halus.
-    Oleskan ke seluruh bagian wajah kecuali sekitar mata dan bibir.
-    Diamkan selama 30 menit.
-    Bilas dengan air bersih.

Saya sajikan ini buat cewe2 yang suka dengan perawatan dan memanjakan diri....
Semoga bermamaat buat anda....

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar